Tuesday 6 September 2016

Contoh makalah tentang Buah Zaitun

BUAH ZAITUN


Tugas Pendidikan Agama Islam





Oleh :
Kelas : IX F
Semester : I
Ketua          : Risma Lawiyah
Sekretaris   : Reningsih
Anggota     : - Farkhanah Solihah
                      - Nyai Siti Solihah
- Tiara Lucyandari






SMP NEGERI 2 SUSUKANLEBAK
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Copyright @2015


BUAH ZAITUN















KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa atas segala rahmat-NYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Susukanlebak, Agustus 2015

Penyusun









BUAH ZAITUN

Pohon zaitun (Olea europaea) tergolong jenis pohon-pohonan penghasil minyak, mampu beradaptasi dengan musim kering yang berkepanjangan. Pohon tersebut merupakan salah satu pohon tertua yang tumbuh di muka bumi. Negeri asal zaitun adalah Asia, terutama Suria, Libanon, Yordania, Palestina, dan khususnya negara-negara pesisir perairan Mediterania seperti, Turki, Italia, Spanyol, Tunis, Aljazair, dan Maroko. Dan dapat ditemukan juga di negara-negara seperti: Chili, Peru, dan juga Selatan Australia. Ia tumbuh di ketinggian 3 meter dari permukaan laut. Tingginya mencapai 15 meter, daunnya selalu hijau, dan buahnya ada yang berwarna ungu gelap dan ada yang berwarna hijau. 5000 tahun.

1. Kandungan dalam Buah Zaitun
Buah yang terbaik untuk dimakan adalah dari Greece, “Kalamata olive” berwarna ungu gelap, berbentuk buah badam dan berukuran ½” sampai 1″.
Buah zaitun kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan besi. Kandungan lainnya yaitu polifenol, asam lemak esensial, kalsium, dan potassium. Polifenol berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Satu liter minyak zaitun mengandung 200-800ml Polifenol. Asam lemak tak jenuhnya tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal yang di dalamnya terdapat asam oleat (Omega 9) dan juga asam linoleat (Omega 6) dengan kadar 65-85%.

2. Macam-macam Minyak Zaitun
Minyak zaitun diambil dari buah zaitun. Minyak zaitun yang baik adalah yang memiliki keasaman di bawah 1%. Semakin rendah keasaman, semakin baik kualitas minyak tersebut.
1.     Minyak Zaitun Ekstra Virgin
Merupakan minyak zaitun yang paling murni karena merupakan hasil ekstraksi pertama dari buah zaitun. Warna minyak ini biasanya kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini tidak bagus untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Minyak zaitun ekstra virgin lebih baik dikonsumsi dengan cara diminum atau digunakan sebagai campuran makanan seperti salad atau sayuran yang direbus.
2.     Minyak Zaitun Virgin
Kandungan asamannya sekitar 4 persen. Ia berwarna hijau kekuningan. Biasa digunakan sebagai campuran masakan atau hidangan tumisan. Minyak ini merupakan hasil ekstrasi kedua dari buah zaitun.
3.     Minyak Zaitun (Pure Olive Oil)
Minyak zaitun jenis ini mengandung keasaman melebihi 4 persen. Berwarna kekuning-kuningan dan biasanya digunakan sebagal pengganti minyak untuk menggoreng dalam masakan Itali.

3. Manfaat Minyak Zaitun
1)   Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan
a.    Mempercantik dan melangsingkan tubuh
Hasil riset yang dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan, penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan, minyak zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra virgin olive oil direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.
b.    Menjaga kesehatan kulit
Selain sebagai antikanker, minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan sehat.
c.    Merawat Kulit
Di samping itu, minyak zaitun juga berguna untuk melembapkan kulit kering saat digunakan sebagai masker. Manfaat lain yaitu dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari jika dioleskan.
d.    Mengatasi Wajah Berminyak
Ambil sedikit bubuk cendana dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Campur dan oleskan pada masker wajah dan biarkan selama 7-10 menit. Bilas dengan air dingin. Ini adalah resep minyak zaitun yang ideal untuk kulit berminyak.
e.    Menghilangkan flek di wajah
Oleskan minyak zaitun pada wajah dan leher. Biarkan selama 4-5 menit dan kemudian uapkan. Hal ini akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan kulit secara alami. Hal ini juga efektif untuk menyingkirkan flek matahari yang terdapat pada kulit wajah.
2)   Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
a.    Memangkas risiko penyakit jantung
Minyak zaitun terbukti memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol dengan cara menekan jenis kolesterol jahat dan mempertahankan yang baik - menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke telah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi menyebutkan, pasien berusia 64-71 tahun menunjukkan penurunan total kolesterol setelah diberi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.
b.    Mencegah kanker
Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun mereduksi kerusakan sel yang memicu pertumbuhan kanker.
c.     Mengusir nyeri sendi
Minyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin, suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri.
d.    Menangkal osteoporosis
Berdasarkan publikasi dalam The British Journal of Nutrition, minyak zaitun membantu mencegah osteoporosis, meskipun tidak memulihkan berat tulang yang hilang seluruhnya.
e.     Menurunkan kadar gula darah
Karena dapat memangkas kolesterol jahat, otomatis akan membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit gula dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

f.      Menangkal radikal bebas
Minyak zaitun mengandung aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul yang tidak seimbang sehingga ampuh dalam menangkal radikal bebas.

4.     Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Dengan Minyak Zaitun
·         Celupkan jari pada minyak zaitun kemudian gosokkan ke seluruh wajah Anda dengan cara melingkar, memijat lembut ke kulit Anda. Sebaiknya fokuskan pada daerah yang berjerawat.
·         Pijat lembut di sekitar mata Anda untuk mengurangi garis-garis halus. Setelah sekitar satu menit, letakkan handuk panas pada wajah Anda kurnag lebih beberapa menit untuk membuka pori-pori kulit wajah. 
·         Ulangi cara tersebut, namun kali ini bersihkan wajah Anda menggunakan kain untuk menghilangkan sebagian besar dari minyak zaitun
·         Setelah itu keringkan dengan cara menepuk wajah menggunakan handuk. 
·         Terakhir, percikan air dingin pada wajah Anda. Sebaiknya hindari mencuci wajah dengan sabun karena dapat membuat kulit Anda menjadi kering.






PENUTUP

Kesimpulan
      Minyak zaitun dapat dijadikan alternatif alami untuk mempercantik wajah. Selain untuk mempercantik wajah, minyak zaitun mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh, baik dari segi kesehatan, maupun kecantikan.

Saran
      Minyak zaitun tidak dapat digunakan untuk menggoreng karena sifatnya yang tidak tahan terhadap pemanasan yang tinggi. Bila dilakukan, maka ikatan kimia di dalam minyak zaitun dapat rusak dan dapat berubah menjadi zat berbahaya bagi tubuh. Apabila digunakan untuk memasak, bisa digunakan untuk masakan tumis karena pemanasan tidak berlangsung lama. Jika dipakai untuk menggoreng, asam lemak tak jenuh justru lebih mudah membentuk akrilamida, radikal bebas, dan lemak trans yang berbahaya karena sifatnya yang mudah bereaksi. Karena itulah, penggunaannya hanya dapat diminum secara langsung, sebagai tambahan salad atau sayuran, dan untuk menumis. Tidak untuk menggoreng. Hal lain yang perlu Anda ingat, cahaya dapat merusak komponen-komponennya, jadi minyak zaitun hendaknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Selain itu, penggunaannya tidak boleh melebihi 4 gram per hari.

          Semoga makalah ini bermanfaat bagi para siswa/siswi. Apabila ada kesalahan penulisan ejaan, maupun kalimat yang tidak dimengerti kami mohon maaf. Sekian dari kami. 

No comments:

Post a Comment

makalah tentang gua sunyaragi

TUGAS PAI "GUA SUNYARAGI" Disusun Oleh :  .................................... .................................. ...