Wednesday 6 April 2016

Makalah Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Dinasti Al-Ayyubiyah

MAKALAH
SKI ( SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM )

Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa
Dinasti Al-Ayyubiyah



Disusun Oleh :
1.  Abdullah Faqih
2.  Cahya Adi Nugraha
3.  Nur Rehan
4.  Rian Saripudin
5.  Yadi Karyadi




MTs. AL-MU’AWANAH SUSUKANLEBAK
Jalan Raya Susukanlebak
Kec. Susukanlebak Kabupaten Cirebon

TOKOH ILMUAN MUSLIM PADA MASA DINASTI AYUBIYAH


  Pada masa Dinasty Fatimiyah Al-Azhar masih berbentuk mesjid, tapi ssetelah Salahuddin berkuasa Al-Azhar berubah menjadi Universitas Al-Azhar yang berubah menjadi media penyebaran berbagai ilmu pengetahuan dengan memperluas Mazhab Sunni. Perkembangan ilmu pengetahuan di tandai dengan datangnya para ulama-ulama yang termahsyur untuk mengajar di Al-Azhar, diantaranya : 
1.      Abdullah Latif Al-Bagdadi, ahli mantik dan bayan.
2.      Syekh Abul Qasim al Manfalubi, ahli Fiqih.
3.      Syamsuddin Khalikan, ahli Sejarah.
4.      Abu Abdullah al Quda’i, ahli Fiqih, Hadits dan Sejarah.
5.      Al Hufi, Ahli Bahasa.
6.      Abu Abdullah Muhammad bin Barakat, ahli Nahu.
7.      Hasan bin Khatir al Farisyi, ahli Fiqih Dan Tafsir.
Beberapa karya tulis yang terkenal dari Abdullah al Quda’i, yaitu :
1.      Asy-Syihab ( bintang ).
2.      Sinadus Shihah, perawi hadits-hadist Sahih.
3.      Manakib Al Imami As Syafi’i ( budi pekerti Imam Syafi’i ).
4.      Anba Al Anbiya ( cerita para nabi ).
5.      U’yun Al Ma’rif ( mata air ilmu pengetahuan )
6.      Al Mukhtar fizzikr al Kutat wal Ashar ( buku tentang sejarah Mesir )

A.    PERKEMBANGAN DALAM PENDIDIKAN DAN ILMU PENGETAHUAN
Bidang Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan salah satu sektor yang mendapat perhatian besar dari Sultan / Khalifah Ayyubiyah.Diantara usaha-usaha yang dilakukan Khalifah Ayyubiyah untuk memajukan pendidikan:
1.        Membentuk Departemen Khusus Pendidikan dan Penerjemahan.
      Khalifah Al-Hakim(1021 M ) Salah seorang Khalifah Fatimiyah yang pernah membentuk lembaga Darul Hikam pada masanya.Ketika Dinasti Ayyubiyah,Salahuddin Al-Ayyubi mengubah lembaga tersebut menjadi Departemen Pendidikan dan Penerjemahan.Departemen tersebut mampu dan berhasil menerjemahkan dari bahasa  asing ke bahasa Arab.
2.        Mengubah Al-azhar.
      Al-Azhar dibangun oleh khalifah Fatimiyah Mu’iz li Dinillah(341-365H/ 952-975M) melalui panglima Jauhar As-Saghiri membangun Mesjid Al-Azhar pada tahun 363H / 974M. mesjid tersebut berkembang menjadi lembaga pendidikan sebagai corong pengajaran paham Syi’ah.
Di samping itu, Al-Azhar juga dijadikan oleh Dinasti Al-Ayyubiyah untuk mengajarkan ajaran agama dan ajaran Suni ditambah dengan disiplin ilmu lainnya seperti: fisika, kimia, biologi, dan ilmu hitung. Dengan perubahan tersebut Al-azhar semakin berkembang dengan pesat. Karena itu lebih banyak para pelajar muslim yang datang dari berbagai penjuru untuk menuntut ilmu sampai saat sekarang.
3.        Membangun lembaga-lembag pendidikan di setiap kota.
Pusat-pusat ilmu pengetahuan terdapat di berbagai kota seperti Kairo, Damaskus, Hadramaut, dan Yaman. Contoh lembaga-lembaga tersebut, ialah:
a.       As-Sauhiyah(1239M) , sebagai pusat pengajaran hukum menurut empat mazhab.
b.      Darul Hadist Al-Kamilah(1222M), sebagai pusat pengajaran hadist dan ilmu hadist.
Lewat jalur pendidikan ia memperbanyak madrasah beraliran Suni dan membiayainya untuk mengikis pengaruh Syi’ah yang telah lama dibangun Dinasti Fatimiyah.

B.       PERKEMBANGAN DALAM BIDANG POLITIK DAN MILITER.
          Pada awal pemerintahan Dinasti Ayyubiyah dari tahun 570H-645H, lebih kurang 75 tahun. Sibuk dalam mempertahankan wilayah kekuasaan dari serangan pasukan salib. Banyak kemenangan yang diraih oleh Dinasti Ayyubiyah. Keberhasilan dalam bidang militer ia dan pasukan dapat mengusir tentara salib dari Palestina dan wilayah islam lainnya. Padahal tentara salib telah bercokol di Palestina selama lebih kurang 100 tahun, dan mepersatukan tentara-tentara Islam dari berbagai suku dan bangsa. Dalam peperangan mereka mempunyai strategi dan peralatan yang canggih seperti; Bahan peledak, senjata api, peluru dan pertarun gan senjata dengan menunggang kuda serta teknik melatih burung merpati untuk kepentingan imformasi militer.
            Dalam bidang Politik Dinasti Ayyubiyah membuat berbagai kebijakan dalam membangun pemerintahan diantaranya:
c.       Mengganti Qadhi-qadhi (Hakim)Syiah  dengan Qadhi-qadhi dengan kalangan ulama sunni.
d.      Mengganti pegawai pemerintahan yang melakukan korupsi.
e.       Memecat pegawai yang bersengkokol dengan penjahat dan perampok.
Karena keberhasilannya, Khalifah Al-Mustadi dari bani Abbasyiyah memberinya gelar Al-Mu’iz Aminil Mukminin.Khalifdah Al-Mustadi juga memberinya beberapa wilayah kekuasaan Abbasyiyah yang meliputi An-Naubah, Yaman, Tripoli, Suriah dan Maghrib pada tahun 1175 M. Sejak itu juga ia dianggap sebagai Sultanul Islam wal muslimin.  

C.    PERKEMBANGAN DALAM BIDANG INDUSTRI DAN PERDAGANGAN.
Sejarah Islam mencatat Email atau Enamel glass merupakan jenis kaca yang paling berharga dalam sejarah Islam.Kaca jenis ini diproduksi diwilayah yang dikuasai Dinasti Ayyubiyah Mambluk.Mesir dan Sunan pada abad ke( 13-14 M ) kaca begitu populer yang dihiyasi dengan email emas.Pada masa itu kaca atau glass email dibuat sebagai hadiah yang bernilai tinggi,juga digunakan dalam acara tertentu yang terbilang istimewa.Kemajuan dalam biadang Industri dapat juga dibuktikan dengan dibuatnya kincir oleh orang Syiria yang lebih canggih dibanding dari pada buatan orang barat,dan juga terdapat baprik karpek,kain dan gelas.
Dalam bidang Pedagangan bangsa Arab khususnya Dinasti Ayyubiyah telah menggunakan mata uang koin sebagai alat tukar.Sebagai mana yang telah dilakukan dunia Islam sejak zaman Bani Umaiyah.

D.    PERKEMBANGAN DALAM BIDANG PERTANIAN.
            Pada masa Dinasti Ayyubiyah berkuasa,dibidang pertanian telah menggunakan sistim pertanian yang cukup maju.Hal ini disebabkan karena Dinasti Ayyubiyah  meneruskan kekuasan dinasti Islam sebelumnya yang memang telah maju dalam dunia pertanian. Seperti model irigasi yang praktis, pembangunan, serta serta berbagai temuan dalam produk pertanian.Yang paling penting adalah ditemukan gula.




E.     PERAN AL-AZHAR SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN ILMU KEISLAMAN.
            Universitas Al-Azhar berada di Kairo ibukota Mesir. Al-Azhar pertama didirikan berbentuk Mesjid. Didirikan pada tahun 359H / 970M oleh panglima Dinasti Fatimiyah yang bernama Jauhar As-Saqili dan diresmikan oleh khalifah Mu’iz Lidinillah pada tahun 361H / 972M. Sejak itu Mesjid Al-Azhar tidak saja dijadikan sebagai tempat ibadah shalat, juga dipakai dalam membahas dan mengkaji ilmu pengetahuan. Ketika dibawah kekuasaan Dinasti Fatimiyah, Al-Azhar bercorakkan Syiah dan kurang diminati oleh orang Islam dan masyarakat lainnya.
Namun pada saat Mesir jatuh ke tangan Dinasti Ayyubiyah pada tahun 570H / 1174M dibawah komando Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi, Universitas Al-Azhar berkembang dengan pesat. Dengan kebijakan menghapus paham Syiah dan mengubah menjadi paham Suni. Pada saat kota Baghdad diserang oleh tentara Mongol atau Tar-Tar pada tahun 656H / 1258M, Al-azhar masih tetap bertahan berkat perlindungan Ayyubiyah. Pada saat bangsa Inggris menjajah Mesir, pada saat itu Al-azhar banyak mendapat tekanan dan kesulitan. Namun bangsa Inggris tetap menghargai Al-Azhar sebagai lembaga pendidikan bangsa Islam Se-dunia.
Pada abad ke 19M, Al-Azhar kembali mengalami perkembangan ketika seorang tokoh pembaru Islam yang bernama Muhammad Abduh, yang juga menjadikan Universitas dalam bentuk perguruan yang dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya baik didalam maupun diluar negeri. Muhammad Abduh membuka beberapa fakultas dan jurusan ilmu seperti: filsafat, farmasi, kedokteran, teknologi, dan lain-lain. Akhirnya sistem pendidikan yang dikembangkan oleh Al-Azhar, banyak diikuti dan diadopsi oleh berbagai lembaga pendidikan Islam di belahan Dunia termasuk Indonesia.

Lembaga-lembaga pendidikan agama di Indonesia hampir seluruhnya mengikuti pola pendidikan Al-Azhar, seperti tingkat dasar Madrasah Ibtidaiyah (MI), tingkat menengah (MTs), tingkat menengah atas (MA), hingga ke perguruan tinggi agama Islam seperti IAIN

No comments:

Post a Comment

makalah tentang gua sunyaragi

TUGAS PAI "GUA SUNYARAGI" Disusun Oleh :  .................................... .................................. ...